Lompat ke isi utama

Berita

TINGKATKAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN BAWASLU LAMSEL IKUTI PENGUATAN KELEMBAGAAN

Dalam rangka menjngkatkan kapasitas dan kompetensi kepemimpinan Bawaslu Lampung Selatan ikuti Penguatan Kelembagaan yang dilaksanakan oleh Bawaslu RI pada Jum’at-Senin 27-30 Oktober 2023 di Lombok Barat.
Kegiatan yang dilaksanakan semala 4 hari ini dihadiri oleh perwakilan Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia untuk dilakukan penguatan kelembagaan. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan Ketua hadiri langsung Penguatan Kelembagaan bagi Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi dan Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota.
Maksud kegiatan tersebut adalah bahwa pengawasan tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 dipandang perlu melaksanakan penguatan kompetensi kepemimpinan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota sehingga dapat mewujudkan tujuan dan sasaran lembaga pengawas pemilu sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2023.


Dalam kegiatan ini, Ketua Badan Pengawas Pemilu Rahmat Bagja Menyoroti pentingnya peningkatan anggaran untuk memastikan Bawaslu kabupaten/kota memiliki dana yang memadai untuk pelatihan, operasional, dan teknologi.
Selain alokasi anggaran, pengembangan sumber daya manusia juga ditekankan, termasuk pelatihan dan pengembangan anggota badan adhoc dibawahnya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan etika mereka dalam menjalankan tugas pengawasan. Tegasnya


Bagja mengungkapkan proses pemilihan umum sering kali kompleks dan penuh dengan tantangan, seperti potensi pelanggaran, manipulasi, dan sengketa. Sehingga peserta pelatihan kepemimpinan ini, membekali anggota Bawaslu dengan keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi, mengatasi, dan melaporkan masalah tersebut dengan tepat.


"Pelatihan kepemimpinan adalah investasi penting dalam memastikan bahwa Bawaslu dapat menjalankan peran kritisnya dalam memelihara integritas demokrasi dan pemilihan umum yang adil di Indonesia. Ini membantu memastikan kepercayaan masyarakat dalam proses politik dan hasilnya," terangnya.
Tak hanya itu, dia juga menyampaikan “Pengawas pemilu juga diharapkan menguasai teknologi dan memiliki infrastruktur yang memadai, seperti perangkat keras dan perangkat lunak komputer, untuk mendukung pengawasan yang efisien”.harapnya.


Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan, Wazzaki, SH dia menyatakan bahwa penguatan kelembagaan Bawaslu kabupaten/kota adalah langkah penting untuk memastikan efektivitas dan transparansi pengawasan pemilu di tingkat lokal.
Beliau juga mengatakan “Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dalam manajerial, pengambilan keputusan, serta manajemen waktu dalam tahapan pemilu dan pemilihan, sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan, terutama Perbawaslu 3 tahun 2022 tentang tata kerja dan pola hubungan badan pengawas pemilu” Tutupnya

Tag
BERITA