Lompat ke isi utama

Berita

TINGKATKAN KAPASITAS DIRI BAWASLU ADAKAN RAPAT EVALUASI KINERJA BAWASLU PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA

Ketua dan Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan Wazzaki dan Arif Sulaiman mengikuti kegiatan Rapat Evaluasi Kinerja Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota pada 24-26 Oktober 2023 bertempat di The Sultan Hotel dan Residence Jakarta.


Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja Lembaga pengawas sesuai dengan tugas, wewenang dan kewajiban sebagai pengawasan melekat bawaslu dituntut lebih waspada dan lebih teliti dalam melakukan pengawasan. Selain itu hal terpenting adalah meningkatkan kapasitas diri selaku penyelenggara.
Hal tersebut disampaikan Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dalam paparannya pada acara tersebut. Pihaknya meminta jajaran Bawaslu di Provinsi hingga Kabupaten/Kota meningkatkan kapasitas diri. Hal ini dirasa Herwyn perlu dilakukan untuk melakukan percepatan dalam efektivitas kinerja jajaran di daerah.


Bahkan Herwyn menyampaikan untuk jajaran dapat melakukan tugas pemantauan pengawasan secara keseluruhan seperti layaknya intel untuk melihat pengawasan tahapan berjalan. Dia berharap insting jajaran di lapangan diperkuat dalam memantau dan mengawasi jalannya tahapan dengan baik.
"Kalau terkait kinerja, segera lakukan percepatan peningkatan kapasitas diri. Jangan tidur, harus menguasai regulasi, ketentuan teknis penyelenggaraan pemilu, dan wajib menguasai teknis pengawasan pemilu," terangnya


Dia menjelaskan percepatan ini bukan serta merta melakukan pekerjaan dengan cepat, melainkan menambah kualitas dan kapasitas diri untuk melakukan fungsi pencegahan dan penindakan. Lalu, Herwyn juga mengingatkan untuk melibatkan masyarakat dalam melakukan pengawasan bersama Bawaslu.
Sementara itu Ketua Bawaslu Lamsel Wazzaki menyikapi hal tersebut mengatakan bahwa sebagai petugas pengawas pemilu dituntut untuk menguasai semua Alat Kerja Pengawasan (AKP) ini point pentingnya.
Alat Kerja Pengawasan (AKP) menurutnya adalah selain memahami cara kerja juga mamahami aturan atau regulasi juga bagian penting dari AKP. Jadi pengawas tidak hanya faham bagaimana cara mengawasi tetapi bagaimana penanganan ketika mengalami atau menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan Peraturan Baik Perbawaslu maupun PKPU.


"jadi semua jajaran harus kita dorong untuk membangkitkan motivasi dan minat untuk melakukan pengawasan dengan kesungguhan hati," katanya.
Maka dia meminta kepada seluruh jajaran untuk melakukan tugas dengan penuh kesadaran dan rasa tanggungjawab agar kinerja secara kelembagaan dapat dirasakan secara langsung oleh Masyarakat. Dia menegaskan jangan sampai ada anggapan Masyarakat ada dan tidak adanya bawaslu tidak memberi dampak apapun.

Tag
Tak Berkategori